Adanya pandemi Covid-19 ini sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat. Baik dari sisi kesehatan, pendidikan dan juga sektor ekonomi. Banyak masyarakat yang perekonomiannya mengalami penurunan, karena adanya pembatasan aktivitas di luar rumah, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan jam malam.
Seperti yang dirasakan oleh pelaku UMKM yang berlokasi di Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, “Sejak pandemi pemasukan dari warung mulai menurun. Apalagi warungnya kan bukanya sore hari pas penerapan PSBB dan jam malam. Itu berasa banget penurunannya,” ujar Khusnul, Senin (1/3).
Khusnul telah membuka warung ayam kremes ini sejak 2014, tetapi sempat beberapa kali tutup dan hanya masyarakat sekitar Trawas saja yang mengetahui warung ini. Khusnul juga mengungkapkan mengalami kendala bahwa tidak bisa mempromosikan dagangannya melalui media sosial, lantaran belum tau cara untuk mempromosikannya. Padahal diera digital saat ini media sosial menjadi media yang paling efektif untuk berpromosi dan juga berjualan.
Oleh karena itu, Mahasiswa KKN-P Umsida kelompok 2 klaster mandiri, Ana Fieka Niswatul Ilmy mengadakan program untuk Branding dan mengajarkan cara mempromosikan jualan melalui media sosial. Dengan memanfaatkan media sosial yang ada seperti Instagram, Facebook, dan juga WhatsApp yang dimulai dari dari tanggal 3 Maret-25 Maret.
Program ini terdiri dari berbagai macam kegiatan dan dilangsungkan secara bertahap. Kegiatan pertama dengan membuatkan logo Warung Pak Suroto lantaran sebelumnya belum memiliki logo dan juga membuat packaging untuk dagangan, karena logo dan packaging merupakan hal yang penting untuk branding. Lalu mengajarkan bagaimana cara memfoto produk agar terlihat menarik saat diunggah di media sosial, “Kegiatan yang terakhir yaitu membuatkan media sosial Instagram dan Facebook, serta mengajarkan cara promosi melalui media sosial tersebut. Dengan promosi menggunakan media sosial membuat jangkauannya menjadi lebih luas,” ucapnya.
Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan jangkauan pasar semakin luas sehingga bisa meningkatkan perekonomian bagi para pelaku UMKM di Desa Ketapanrame.
Penulis: Ana Fieka Niswatul Ilmy
Editor : Asita Salsabilla Maharani