Agne Bela Ismaya, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P) Mandiri 4 Univeristas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melakukan dan memberikan strategi pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal produk DOM’S Handicraf, di desa Sonorejo, Kecamatan Grogol, Kediri pada Sabtu (27/03). Strategi ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas produk DOM’S Handicraft yang fokus pada kerajinan batok dan kayu.
Agne memiliki ide dalam membantu meningkatkan penjualan dan peningkatan kualitas pembukuan. Strategi pemasaran dimulai dengan pembuatan banner, dan pembuatan stempel yang dibubuhkan pada produk, memodernisasi pencatatan transaksi penjualan menggunakan Microsoft Excel. Sebelumnya pemilik UMKM ini bertransaksi menggunakan penulisan nota secara manual.
Dengan strategi pemasaran ini mahasiswa KKN-P Mandiri 4 Umsida berharap kedepan mengalami peningkatan penjualan selama pandemi sebesar 10%. Agne menyampaikan bahwa dengan aplikasi ini memudahkan pemiliki DOM’S Handicraft memasukkan data. “Selain itu juga dapat meminimalisir biaya yang dikeluarkan dengan cara satu nota buat semua konsumen, karena semua catatan transaksi sudah tersimpan dalam Microsoft Excel. Dengan begitu pemilik DOM’S Handicraft bisa mengetahui jumlah stok produk yang dimilikinya agar menjadi lebih efisien,” ujarnya.
Asnomo Hardi selaku pemiliki UMKM DOM’S Handicraft mengungkapkan bahwa kegiatan pemasaran yang dilakukan sangat membantu. “Saya merasa terbantu dengan pemasaran yang dijalankan oleh mahasiswi KKN Umsida membantu dalam memberikan modernisasi pembukuan melalui aplikasi Microsoft Excel. Pembuatan banner juga bermanfaat untuk memberi petunjuk kepada konsumen yang ingin mengunjungi toko,” ungkapnya.
Penulis : Agne Bela Ismaya
Editor : Anis Yusandita