Menghubungkan Masyarakat dengan Layanan Kependudukan: Sosialisasi PLAVON Sidoarjo

Banyak cara menyampaikan informasi, seperti media sosial, surat kabar, baliho, banner, dan poster. Tim Pengabdian kepada Masyarakat UMSIDA yang terdiri dari Lailul Mursyidah, M.AP, Dr. Isnaini Rodiyah, M.Si, dan Ika Ratna Indra Astutik, S.Kom, M.T. serta mahasiswa Prodi Administrasi Publik UMSIDA yaitu Filosovi Tri Andini dan Tarissa Putri, melakukan sosialisasi dengan menempelkan poster di dinding bangunan di pos-pos desa Larangan, Kabupaten Sidoarjo. Poster dan sticker tersebut berisi informasi tentang penggunaan aplikasi PLAVON Sidoarjo, yang membantu masyarakat mengurus administrasi kependudukan dengan lebih mudah dan efisien, Kamis (04/7/2024).

“Saya dan tim melakukan sosialisasi dengan membagi sticker dan poster Plavon Dukcapil. Sticker dan poster ini berisi informasi, manfaat, dan mekanisme penggunaan Plavon Dukcapil untuk mempromosikan layanan online Dukcapil Sidoarjo. Sticker akan dicetak sebanyak 200 lembar dan disebarkan secara door-to-door kepada warga desa, sementara poster akan dicetak sebanyak 20 lembar dan ditempel pada tempat-tempat strategis yang mudah terbaca dan dilihat oleh warga.” Ungkap Lailul.

Ia menjelaskan bahwa pemasangan dan penyuluhan poster ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat terhadap aplikasi Plavon. Ia juga menambahkan bahwa poster tersebut akan ditempelkan di dinding-dinding pos jaga RT-RT di desa Larangan.

Beberapa poster yang dipasang membahas informasi dasar tentang cara mengurus administrasi kependudukan dengan lebih mudah, melalui langkah-langkah seperti membuka situs web, memasukkan identitas, isi form pendaftaran, setujui persyaratan, menggunakan layanan kependudukan, dan menghubungi melalui WhatsApp.

Dengan dilakukan kegiatan ini, diharapkan masyarakat Desa Larangan dapat menambah pengetahuan tentang aplikasi PLAVON sehingga mereka dapat lebih mudah mengurus administrasi kependudukan melalui layanan online. Aplikasi PLAVON ini memungkinkan masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan seperti KK, KTP, KIA, serta surat-surat lainnya secara independen melalui smartphone atau komputer, sehingga memudahkan proses administrasi kependudukan dan meningkatkan efektivitas pelayanan.

“Saya super senang dengan kegiatan sosialisasi ini karena dapat membantu warga kami lebih mudah mengurus administrasi kependudukan secara online sehingga warga dapat hemat biaya dan tenaga.” Ungkap Bu Lilik (Perwakilan RT 07)

“Saya sangat mendukung kegiatan sosialisasi dari Umsida ini. Dengan membagi informasi tentang PLAVON Dukcapil melalui poster dan sticker, masyarakat desa dapat lebih mudah mengakses layanan kependudukan dan meningkatkan kualitas pelayanan di desa kami juga.” Pungkas Bu Ninik (Perwakilan RT 3)

“Menurut saya, kegiatan sosialisasi ini sangat efektif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang aplikasi PLAVON Dukcapil. Meskipun pemerintah daerah dan dinas belum optimal dalam mensosialisasi produk inovasi ini, justru Umsida bergerak cepat dengan mensosialisasikan secara mandiri.” Ujar Pak Madsudar (Perwakilan RT 10) “Sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kemampuan masyarakat desa Larangan dalam menggunakan aplikasi PLAVON Dukcapil secara efektif, serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Sidoarjo.” Tutup Lailul