
Sidoarjo – Dalam rangka mendukung Upaya pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) khususnya daerah Desa Lemujut, Sidoarjo. Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UMSIDA) dalam program Kuliah Kerja Nyata Terbuka (KKN-T) menyelenggarakan kegiatan Brading UMKM yang dilaksanakan pada Tanggal 14 September 2025 bertempat di Masjid At-Taqwa Desa Lemujut, Sidoarjo.
Dilaksanakannya Kegiatan Branding UMKM ini menjadi salah satu aksi nyata dari Mahasiswa Universitas Muhammadiyah dalam menjawab adanya tantangan yang dihadapi UMKM saat ini, khusunya pada strategi pemasaran yang belum adaptif dan peningkatan daya saing pasar yang ketat.
“ Tentu kegiatan ini akan menjadi jembatan ilmu yang insya Semoga bisa memberikan dampak nyata untuk UMKM dan Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah Desa Lemujut “ Ujar Pak Ferry Adhi Dharma selaku Dosen Pembina Lapangan saat memberikan sambutan pembukaan Branding UMKM.

Fokus pendampingan yang diberikan berupa Materi Peningkatan Pengetahuan Marketing yang mencakup cara memanfaatkan media sosia, penggunaan platform, hingga peningkatan kemampuan story telling produk yang dibawakan langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN-T 24 Umsida, Bapak Dr. Ferry Adhi Dharma, M.I.Kom.
Selain itu, terdapat pendampingan Redesign Logo dan pendaftaran SNI serta Sertifikat Halal bagi UMKM yang didampingi oleh Mahasiswa KKN-T Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Dihadiri oleh 5 Jenis UMKM yang berbeda, kegiatan ini tentu disambut antusias oleh pelaku UMKM yang aktif saling berdiskusi.
“ Kegiatan yang sangat bermanfaat dari kami juga lebih memahami pentingnya penguatan branding tentang produk kami, dan saya secara pribadi berterimakasih kepada teman-teman KKN UMSIDA karena sudah membantu untuk membuat design logo” Ucap bu Denik salah satu peserta Branding UMKM yang saat ini sedang menekuni bisni kue Basah.

Acara yang berlangsung hingga sore ini ditutup dengan tanya jawab interaktif dan Foto Bersama.
Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan mampu memberikan kepercayaan diri terhadap UMKM dalam mengembangankan Usahanya dan bisa menghadapi tantangan pasar.
Penulis : TIM KKN-T 24 UMSIDA 2025