
drpm.umsida.ac.id – Kelompok 04 Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) yang telah ditugaskan di Desa Kunjang, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, telah menunjukkan dedikasi penuh dalam mengimplementasikan program kerja mereka, khususnya di bidang Pendidikan dan Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK). Melalui program kerja yang telah dilaksanakan, mahasiswa KKN-P dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekolah setempat, salah satunya program gerakan aktif membaca yang telah dilaksanakan di SDN 1 Kunjang, Senin (03/02/2025).
GERAKAN AKTIF MEMBACA
Program ini menjadi salah satu program unggulan dari kelompok 04. Para mahasiswa dengan penuh semangat membantu para guru dalam proses belajar mengajar melalui penerapan program gerakan aktif membaca sebagai sebuah inovasi dan inisiatif jangka panjang dan menyeluruh. Program ini diterapkan untuk mengubah Sekolah menjadi lembaga pembelajaran literasi yang menyenangkan dan ramah anak, di mana semua peserta didik dan seluruh pendidik menunjukkan empati, kepedulian, rasa ingin tahu, cinta belajar, terampil, serta dapat berdampak positif terhadap kemajuan program pembelajaran literasi, Gerakan aktif membaca di Sekolah dapat menciptakan budaya membaca dan menulis bagi peserta didik, meningkatkan literasi warga dan lingkungan Sekolah, mengubah Sekolah menjadi taman belajar ramah anak, dan seterusnya.
Penerapan program gerakan aktif membaca, dijadikan sebagai solusi yang dapat menjembatani peserta didik dalam hidup sesuai perkembangan zaman yang semakin kompleks. Gerakan aktif membaca mampu meningkatkan keterampilan 4C (communication, calloboration, critical thinking and problem solving, dan creativity and innovation). Dengan demikian, tujuan utama dari penerapan program ini adalah supaya dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik dengan menciptakan karakter pendidikan yang berkualitas dalam segi belajar, membaca dan mengembangkan prestasi peserta didik.
Dalam wawancara dengan salah satu anggota Kelompok 04 KKN-P, Novan menyatakan, “Kami dengan penuh antusias untuk berkontribusi di masyarakat sekolah. Kami berharap dapat memberikan perubahan yang positif bagi masyarakat Sekolah terutama dalam meningkatkan kualitas pendidikan.” Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik dalam menghadapi pendidikan sesuai perkembangan zaman yang semakin kompleks.
Program gerakan aktif membaca yang diterapkan di SDN Kunjang tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa, tetapi juga untuk membekali mereka dengan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan perkembangan zaman yang semakin kompleks. Adanya program ini juga diharapkan dapat menciptakan kolaborasi yang lebih erat antara siswa, guru, dan masyarakat sekitar. Melalui kegiatan literasi, diharapkan akan terbentuk hubungan yang harmonis antara semua pihak yang terlibat, sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif. Dengan kolaborasi ini, siswa tidak hanya belajar dari buku, tetapi juga belajar dari pengalaman dan interaksi dengan orang lain.
Program gerakan aktif membaca di SDN 1 Kunjang merupakan langkah nyata dalam menciptakan generasi emas di masa depan. Dengan meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa, program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan di SDN Kunjang 1. Selain itu, dengan karakter pendidikan yang berkualitas, siswa diharapkan dapat menjadi individu yang mandiri, kreatif, dan berdaya saing tinggi.
Guru SDN 1 Kunjang Purnomo Jati S.Pd.SD menyatakan, ”Anak-anak sangat senang dengan penuh antusias adanya kehadiran kakak-kakak mahasiswa serta dapat memberikan dampak positif untuk memperoleh pengetahuan dan wawasan yang lebih luas dari kegiatan literasi. Mereka menjadi lebih semangat untuk mengikuti pembelajaran berlangsung dan diharapkan anak-anak dapat melakukan kolaborasi dengan masyarakat sekolah untuk menciptakan generasi emas di tahun mendatang.”

PENDAMPINGAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN
Dalam bidang Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK), mahasiswa KKN-P telah melaksanakan program yang sangat bermanfaat, yaitu pendampingan belajar mengaji di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Baitussalam. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu anak-anak dalam membaca Iqro’ dan Al-Qur’an, mengajarkan doa-doa harian, serta memberikan pemahaman mengenai nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan pendampingan mengaji di TPQ Baitussalam dilakukan setiap sore hari dengan penuh semangat dan dedikasi. Mereka tidak hanya sekedar mengajar, tetapi juga berusaha menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa. Dengan pendekatan yang ramah dan interaktif, mahasiswa KKN-P mampu menarik perhatian siswa, sehingga proses belajar mengaji menjadi lebih efektif. Siswa menjadi lebih antusias dan bersemangat untuk mengikuti pelajaran yang diajarkan.
Kegiatan pendampingan ini juga tidak lepas dari kerjasama yang baik antara mahasiswa KKN-P dan pengelola TPQ Baitussalam. Mahasiswa KKN-P bekerja sama dengan para Ustadzah untuk menyusun materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Melalui kolaborasi ini, program belajar mengaji menjadi lebih terarah dan efektif, sehingga tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan keagamaan di masyarakat dapat tercapai.
Program KKN-P yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo di Desa Kunjang tidak hanya fokus pada aspek akademis, tetapi juga mengedepankan nilai-nilai sosial dan kemanusiaan. Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, diharapkan program ini dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi perkembangan pendidikan di daerah tersebut.
Penulis : Aumanda Nur Faiza Kholil
PEMBELAJARAN INTERAKTIF KKN-P 04 UMSIDA: AJARKAN SISWA AKTIF SAAT PROSES PEMBELAJARAN
Umsida.ac.id – Kelompok 04 Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) yang telah ditugaskan di Desa Kunjang, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, telah menunjukkan dedikasi penuh dalam mengimplementasikan program kerja mereka, khususnya di bidang Pendidikan dan Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK). Melalui program kerja yang telah dilaksanakan, mahasiswa KKN-P dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekolah setempat, salah satunya program gerakan aktif membaca yang telah dilaksanakan di SDN 1 Kunjang, Senin (03/02/2025).
GERAKAN AKTIF MEMBACA
Program ini menjadi salah satu program unggulan dari kelompok 04. Para mahasiswa dengan penuh semangat membantu para guru dalam proses belajar mengajar melalui penerapan program gerakan aktif membaca sebagai sebuah inovasi dan inisiatif jangka panjang dan menyeluruh. Program ini diterapkan untuk mengubah Sekolah menjadi lembaga pembelajaran literasi yang menyenangkan dan ramah anak, di mana semua peserta didik dan seluruh pendidik menunjukkan empati, kepedulian, rasa ingin tahu, cinta belajar, terampil, serta dapat berdampak positif terhadap kemajuan program pembelajaran literasi, Gerakan aktif membaca di Sekolah dapat menciptakan budaya membaca dan menulis bagi peserta didik, meningkatkan literasi warga dan lingkungan Sekolah, mengubah Sekolah menjadi taman belajar ramah anak, dan seterusnya.
Penerapan program gerakan aktif membaca, dijadikan sebagai solusi yang dapat menjembatani peserta didik dalam hidup sesuai perkembangan zaman yang semakin kompleks. Gerakan aktif membaca mampu meningkatkan keterampilan 4C (communication, calloboration, critical thinking and problem solving, dan creativity and innovation). Dengan demikian, tujuan utama dari penerapan program ini adalah supaya dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik dengan menciptakan karakter pendidikan yang berkualitas dalam segi belajar, membaca dan mengembangkan prestasi peserta didik.
Dalam wawancara dengan salah satu anggota Kelompok 04 KKN-P, Novan menyatakan, “Kami dengan penuh antusias untuk berkontribusi di masyarakat sekolah. Kami berharap dapat memberikan perubahan yang positif bagi masyarakat Sekolah terutama dalam meningkatkan kualitas pendidikan.” Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik dalam menghadapi pendidikan sesuai perkembangan zaman yang semakin kompleks.
Program gerakan aktif membaca yang diterapkan di SDN Kunjang tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa, tetapi juga untuk membekali mereka dengan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan perkembangan zaman yang semakin kompleks. Adanya program ini juga diharapkan dapat menciptakan kolaborasi yang lebih erat antara siswa, guru, dan masyarakat sekitar. Melalui kegiatan literasi, diharapkan akan terbentuk hubungan yang harmonis antara semua pihak yang terlibat, sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif. Dengan kolaborasi ini, siswa tidak hanya belajar dari buku, tetapi juga belajar dari pengalaman dan interaksi dengan orang lain.
Program gerakan aktif membaca di SDN 1 Kunjang merupakan langkah nyata dalam menciptakan generasi emas di masa depan. Dengan meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa, program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan di SDN Kunjang 1. Selain itu, dengan karakter pendidikan yang berkualitas, siswa diharapkan dapat menjadi individu yang mandiri, kreatif, dan berdaya saing tinggi.
Guru SDN 1 Kunjang Purnomo Jati S.Pd.SD menyatakan, ”Anak-anak sangat senang dengan penuh antusias adanya kehadiran kakak-kakak mahasiswa serta dapat memberikan dampak positif untuk memperoleh pengetahuan dan wawasan yang lebih luas dari kegiatan literasi. Mereka menjadi lebih semangat untuk mengikuti pembelajaran berlangsung dan diharapkan anak-anak dapat melakukan kolaborasi dengan masyarakat sekolah untuk menciptakan generasi emas di tahun mendatang.”
PENDAMPINGAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN
Dalam bidang Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK), mahasiswa KKN-P telah melaksanakan program yang sangat bermanfaat, yaitu pendampingan belajar mengaji di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Baitussalam. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu anak-anak dalam membaca Iqro’ dan Al-Qur’an, mengajarkan doa-doa harian, serta memberikan pemahaman mengenai nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan pendampingan mengaji di TPQ Baitussalam dilakukan setiap sore hari dengan penuh semangat dan dedikasi. Mereka tidak hanya sekedar mengajar, tetapi juga berusaha menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa. Dengan pendekatan yang ramah dan interaktif, mahasiswa KKN-P mampu menarik perhatian siswa, sehingga proses belajar mengaji menjadi lebih efektif. Siswa menjadi lebih antusias dan bersemangat untuk mengikuti pelajaran yang diajarkan.
Kegiatan pendampingan ini juga tidak lepas dari kerjasama yang baik antara mahasiswa KKN-P dan pengelola TPQ Baitussalam. Mahasiswa KKN-P bekerja sama dengan para Ustadzah untuk menyusun materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Melalui kolaborasi ini, program belajar mengaji menjadi lebih terarah dan efektif, sehingga tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan keagamaan di masyarakat dapat tercapai.
Program KKN-P yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo di Desa Kunjang tidak hanya fokus pada aspek akademis, tetapi juga mengedepankan nilai-nilai sosial dan kemanusiaan. Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, diharapkan program ini dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi perkembangan pendidikan di daerah tersebut.
Penulis : Aumanda Nur Faiza Kholil