drpm.umsida.ac.id – Teringat pentingnya pendidikan Agama dalam pembentukan kepribadian bagi anak usia dini, terutama untuk landasan moral yang menjadi benteng bagi kehidupan di dunia maupun di akhirat.
Memotivasi mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Terpadu (KKN-T) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) Kelompok 4 melakukan kegiatan pendampingan pada proses pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Al-Ismail di Desa Wonokasian, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (25/9).
Kegiatan ini berlangsung setiap Sabtu pukul 15.00-16.30 WIB. Untuk menghindari krumunan disaat proses belajar mengajar, Tim KKN-T Umsida membagi peserta dalam beberapa kelompok belajar, “Kami membagi anggota untuk menghandle beberapa anak. Satu orang anggota kami nanti bisa mengajar sekitar 5-6 anak,” ujar Penanggung Jawab Program Kerja (Proker) belajar mengajar TPQ Al-Ismail, Vania Putri Kusuma Wardhany
Menurutnya kegiatan ini merupakan kegiatan keagamaan yang mulia dan sebagai bentuk partisipasi KKN-T Umsida Kelompok 4 dalam meningkatkan daya minat baca Al-Qur’an bagi anak-anak di Desa Wonokasian, “Pendampingan ini bertujuan untuk mempelajari minat baca Al-Qur’an pada anak yang dimulai dari memperkenalkan hukum-hukum bacaan Al-Qur’an misalnya Gharib dalam metode At-tartil,” imbuhnya.
Vania berharap anak-anak akan tetap semangat dalam membaca Al-Qur’an, “Sehingga menjadi manusia yang berkualitas dan mempunyai peradaban yang luhur fiddunyah walakhiroh,” ujarnya.
Pada kegiatan ini tim KKN-T Umsida Kelompok 4 mendapatkan antusias dari anak-anak untuk bergiliran bisa diajarkan mengaji. Selain itu, Ibu Ayuma selaku Ustadzah TPQ Al-Ismail sangat senang adanya partisipasi Tim KKN-T Umsida dalam membantu proses belajar mengajar dikarenakan satu TPQ hanya ada satu ustadzah yang mengajar, “Saya sangat senang bisa dibantu tim KKN-T umsida untuk mengajarkan mengaji bagi para santri. Semoga pengabdian mereka menjadi berkah karena Tim KKN-T Umsida sudah membagikan ilmunya pada anak-anak,” pungkasnya.
Penulis : Vania Putri Kusuma dan Moch. Amrul Haqqi
Editor : Asita Salsabilla Maharani