Sosialisasi aplikasi digelar ba’da isya di balai RT 02 perumahan Bumi Candi Asri, berlangsung selama 2 hari, Jumat-Sabtu(12-13/3).
Pemerintah Kabupaten Sidoarjo meluncurkan aplikasi pelayanan publik berbasis android dengan nama SIPRAJA (Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo). Sistem ini berisi 16 layanan yang dikategorikan dalam 3 tipe yakni tipe A, tipe B dan tipe C yang bisa diakses oleh masyarakat Sidoarjo.
Tipe A merupakan pelayanan tingkat desa/kelurahan. Tipe B merupakan pelayanan tingkat desa/kelurahan dan kecamatan. Sedangkan tipe C merupakan pelayanan tingkat kecamatan. Dengan adanya digitalisasi layanan publik diharapkan dapat semakin mempermudah masyarakat Sidoarjo dalam kepentingan yang bersifat administratif.
Perkembangan teknologi kian hari bertumbuh semakin pesat, pertumbuhan teknologi informasi juga mempengaruhi pola pikir manusia. Hal ini yang menjadikan masyarakat lebih menyukai segala sesuatu yang mudah dan instan.
Terlepas dari kemudahan yang didapatkan, digitalisasi layanan tersebut dapat lebih meningkatkan efisiensi terhadap waktu. Selain itu, mengurangi adanya interaksi fisik pada masa pandemi covid-19 seperti saat ini. Masyarakat hanya perlu meng-unduh aplikasi SIPRAJA kemudian aplikasi tersebut dapat dioperasikan di rumah masing-masing sesuai dengan langkah-langkahnya.
Akan tetapi karena kurangnya sosialisasi dari pemerintah terkait SIPRAJA dan beberapa faktor lain, mengakibatkan banyak masyarakat Sidoarjo yang belum mengerti langkah-langkah mengoperasikan aplikasi SIPRAJA. Bahkan sebagian masyarakat belum mengetahui adanya sistem pelayanan baru berbasis android tersebut.
Hal ini menggerakkan mahasiswa KKN-P Umsida Kelompok 8 untuk ikut serta membantu pemerintah setempat, Desa Ngampelsari yang terdiri dari 6 RW dan 44 RT untuk mensosialisasikan sistem layanan tersebut.
Selain pemaparan materi, para mahasiswa juga memandu warga untuk mempraktikkannya secara langsung. Jika ada kesalahan dalam penggunaannya, dapat disampaikan kepada perangkat desa yang bertugas sebagai operator sistem untuk dilakukan perbaikan.
Kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat setempat yang terlihat dari antusiasme warga. Sosialisasi ini diwakili oleh seluruh ketua RT dan RW Desa Ngampelsari. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam pemahaman mengenai aplikasi SIPRAJA.
Editor : Ping Darojat Gumilang
Penulis : Rizki Yudha P dan Rona Isyroqul