Drpm.umsida.ac.id – Tim mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P) 1 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menyelenggarakan kegiatan sosialisasi penggunaan sosial media terhadap pemasaran online Resto di masa pandemi Covid-19, di Resto Apung Seba, Penatarsewu, Tanggulangin, Kamis (10/02).
Tim KKN-P 1 Umsida menyampaikan sosialisasi kepada karyawan Resto Apung Seba, dengan tujuan untuk mengetahui manajemen dan cara mempromosikan makanan, sehingga pendapatan keuangan kembali meningkat. Sejak pandemic Covid-19 melanda, Resto Apung Seba ini memiliki kemunduran cukup signifikan untuk pendapatan.
Faktornya adalah kurangnya pemasaran yang menarik dan Resto belum diketahui masyarakat luas disekitarnya. Pelayanan Resto pun kurang cekatan dalam melayani konsumen. Sehingga hal itu menjadi salah satu penyusutan dari pendapatan Resto Apung Seba ini.
Eva Roesmadayanti salah satu anggota KKN-P 1 Umsida mengatakan beberapa permasalahan yang ada di Resto Apung Seba. “Seperti sistem manajemen operasional yang kurang baik, digital branding yang kurang efektif, dengan jalan yang berliku dan kurang adanya penunjuk jalan sehingga membuat konsumen kesulitan menuju lokasi Resto Apung Seba,” tegasnya.
Melihat kondisi tersebut, tim KKN-P 1 Umsida menyampaikan sosialisasi sosial media yang diadakan, misalnya mengenai cara membuat dan cara penggunaan akun sosial media untuk promosi Resto, cara membuat konten menarik perhatian pengunjung. Tim KKN-P 1 Umsida juga membuatkan twibbon agar Instagram Resto Apung Seba.
Cara pemasaran menu makanan bisa melalui online, agar konsumen dapat menikmati hidangan tanpa datang ke restoran. Arif selaku pemiliki Resto Apung Seba mengungkapkan sosialisasi ini bermanfaat. “Saya senang sekali, karena dengan adanya kegiatan ini karyawan dapat mengerti bagaimana pentingnya memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan sebuah dagangan” ungkapnya.
Dengan adanya kegiatan ini, tim KKN-P 1 Umsida berharap karyawan resto agar terus mengembangkan idenya dalam bidang apapun dan dapat meningkatkan kreativitas dalam menggunakan sosial media untuk promosi.
Ditulis : Eva Roesmadayanti P dan Maulydia Briegga T
Editor : Anis Yusandita