Tim KKN-P kelompok 26 Adakan Vounteer Activities “Learn and Play Together”

Tim KKN-P (Kuliah Kerja Nyata Pencerahan) kelompok 26 Universitas Muhamadiyah Sidoarjo (Umsida) mengadakan kegiatan kelas belajar secara sukarela di Balai Desa Anggaswangi, Minggu (21/03). Kegiatan ini berlamgsung selama (lima) hari sampai dengan tanggal 26 Maret 2021. Kegiatan ini dimulai pada pukul 18.30-20.00 WIB. Kegiatan ini diperuntukkan bagi siswa Sekolah Dasar (SD), mulai dari kelas 1-kelas 6.

Pelaksanaan kegiatan ini karena selama masa pandemi Covid-19 ini sekolah menerapkan belajar dirumah (daring) yang mengakibatkan banyak orang tua kesusahan untuk membantu anaknya dalam belajar dan mengerjakan tugas dari sekolahnya. Tidak semua orang tua mampu memahami materi pelajaran sekolah anaknya. Selain itu tidak semua orang tua berada di rumah (work from home) untuk mendampingi anaknya belajar setiap hari.

Kegiatan ini mempunyai tujuan untuk membantu para siswa dalam belajar dan menyelesaikan tugas dari sekolah. Pada hari pertama, para siswa masih malu apabila ingin menanyakan sesuatu karena masih belum mengenal dengan kakak-kakak dari tim KKN-P kelompok 26. Pada hari selanjutnya, para siswa mulai mengenal kakak-kakak dari tim KKN-P kelompok 26 sehingga sudah tidak malu lagi apabila ingin bertanya. Para siswa aktif untuk bertanya kepada tim KKN-P kelompok 26 apabila kurang memahami terkait pelajarannya.

Dalam pelaksanann kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu jaga jarak dan menggunakan masker. Para siswa menyambut antusias dengan adanya kegiatan belajar ini, “saya merasa senang dengan adanya kegiatan belajar bersama ini, karena benyak temannya dan juga kakak-kakaknya baik” ujar salah satu siswa.

Bahkan, para siswa tidak ingin apabila kegiatan belajar bersama ini berakhir. “saya tidak ingin apabila kegiatan belajar ini berakhir karena kegiatannya seru dan menyenangkan serta saya juga mendapatkan teman-teman baru” ujarnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, selain melakukan belajar secara bersama-sama juga diselingi dengan bermain agar para siswa tidak merasa bosan, namun permainan yang dimainkan tetap memberikan edukasi kepada para siswa.

Kegiatan ini bermanfaat guna membangun ruang belajar secara efektif dalam melakukan pendekatan kepada masyarakat. Mereka dapat merasakan dampak positif dengan hadirnya KKN sebagai wadah dalam menyalurkan ilmu mahasiswa secara langsung dan masyarakat menilai bahwa program KKN mulai menunjukkan inovasi yang berkembang. Secara keseluruhan, program belajar ini membuat para orang tua dapat merasa terbantu secara finansial karena program ini sama sekali tidak dipungut biaya.

Penulis : Aprilia Dian Novita & Nazelia lestari adi sujito
Editor : Shinta Amalia Ferdaus

Leave a Reply