Mahasiswa KKN-T Kelompok 39 Ciptakan Taman dan Pembuatan Tong Sampah Di Waru

drpm.umsida.ac.id –  Dalam rangka menjadikan lingkungan bersih serta sehat, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Terpadu (KKN-T) kelompok 39 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menciptakan taman dan pembuatan tong sampah di RT 02 RW 04 Desa Berbek, Kecamatan Waru, Minggu (28/08).

Mahasiswa KKN-T 39 Umsida melaksanakan program kerja pembuatan taman di RT 02 yang berisikan tanaman toga dan tanaman hias sebagai upaya untuk meningkatkan lingkungan dan penghijauan. Tanaman toga merupakan tanaman yang berisikan berbagai jenis obat keluarga seperti kunyit, sereh, lengkuas, pandan dan lidah buaya. Tanaman toga dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk keluarga yang ada di daerah RT 02 Desa Berbek, waru.

Pada taman yang diciptakan oleh tim KKN-T kelompok 39 ini, juga terdapat tanaman hias yang berfungsi untuk menambah keindahan sebuah taman. Menurut tim, di daerah lingkungan RT 02 terlihat lingkungan yang kurang adanya tanaman dan tempat sampah, sehingga tim KKN-T kelompok 39 membuatkan 2 tong sampah di area tersebut.

Hendra Hermawan Selaku ketua KKN-T kelompok 39 mengatakan, program kerja yang bertemakan lingkungan dan kebersihan ini untuk mendukung terwujudnya lingkungan yang asri dan hijau. “Program kerja ini bertujuan agar lingkungan sekitar menjadi lingkungan yang asri akan adanya penghijauan dengan adanya taman dan juga lingkungan semakin bersih karna adanya tambahan tempat sampah,” terangnya.

Kegiatan pembuatan taman dan pembuatan tong sampah ini mendapat izin dan dukungan dari Agus selaku ketua RT 02 Desa Berbek, Kecamatan Waru. Pria tersebut merasa bangga dengan kerja keras tim KKN-T kelompok 17 yang berupaya mengasrikan kembali lingkungan desanya. “Bahwa dengan adanya kegiatan pembuatan taman dan tong sampah yang dilakukan mahasiswa, saya merasa bangga dan berterima kasih karena sudah menjadikan lingkungan RT 02 menjadi lingkungan yang lebih hijau dan juga adanya penambahan tempat sampah, sehingga warga sekitar dengan mudah untuk membuang sampah,” tuturnya.

Sementara, Sidiq selaku salah satu masyarakat setempat juga menambahkan, ia merasa puas dengan penananaman tanaman toga. “Adanya mahasiswa KKN-T Umsida ini membuat sebuah taman di lingkungan RT 02, sehingga terlihat enak untuk dipandang dan juga di taman terdapat tanaman toga yaitu tanaman obat yang sangat bermanfaat sekali untuk warga sekitar. Mereka bisa mengambil dan memanfaatkan jika ada yang membutuhkan. Dan juga penambahan tempat sampah juga semoga menjadikan lingkungan yang semakin bersih dan tidak ada lagi orang yang membuang sampah sembarangan,” ujarnya.

Kegiatan pembuatan taman dan pembuatan tong sampah ini berjalan lancar dan juga mendapatkan respon positif oleh warga sekitar. Kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang merawat tanaman dan kebersihan lingkungan sekitar, sesuai dengan konsep KKN-T tahun 2022 yang bertemakan “Desa Berdaya Saing Melalui Kolaborasi Menuju Kesejahteraan.”

Penulis: antik yunarin
Editor : Shinta Amalia Ferdaus

Leave a Reply