Indah Sulistiyowati, Ketua Abdimas Umsida sedang melakukan Sosialisasi aplikasi belanja online (virtual shopping) berbasis website
Indah Sulistiyowati, Ketua Abdimas Umsida sedang melakukan Sosialisasi aplikasi belanja online (virtual shopping) berbasis website

Covid 19 terbukti merubah banyak hal, diantaranya adalah cara berbelanja konsumen saat ini yang lebih menyukai berbelanja online daripada offline. Ini adalah upaya untuk mengurangi interaksi dengan orang lain sebagai salah satu pencegahan virus Covid 19. Sementara tidak semua UKM sudah memahami mengenai penerapan strategi marketing secara online. Diantaranya adalah UKM Danish Cake yang terletak di desa Krembangan, Taman, Sidoarjo yang masih menerapkan strategi pemasaran offline melalui agen dan reselernya.

Berdasar wawancara yang dilakukan dengan ibu Endah Puji Astuti selaku pemilik UKM Danish Cake pada 12 Oktober 2020, dikatakan bahwa akibat pandemic covid-19 omset UKM menurun. Dan dari hasil survey, maka tim abdimas memutuskan bahwa untuk menaikkan omset dari UKM Danish Cake harus dilakukan dari 2 sisi, yaitu sisi offline dengan adanya agen adan reseler yang sudah ada selama ini, dan juga sisi online yang baru dilakukan melalui Instagram yaitu dengan akun paspastry. Karenanya Indah Sulistiyowati, ST, MT sebagai ketua Abdimas Umsida beserta tim yaitu Ali Akbar, ST, MT dan Fitri Nur Latifah, S.E.,M.E.Sy  akan menerapkan strategi marketing 4.0 untuk UKM Danish Cake. Marketing 4.0 adalah sebuah pendekatan pemasaran yang memadukan interaksi online dan offline diantara produsen (perusahaan) dan konsumen. Saat ini, pemasaran tidak cukup kalau hanya offline, tapi juga online sehingga konsumen mendapatkan pelayanan dari produk atau jasa yang ditawarkan.

Pada kegiatan abdimas ini akan dilakukan strategi marketing dengan cara membuat aplikasi belanja online (virtual shopping) berbasis website. Dimana konsumen bisa mendownload aplikasi belanja ini untuk kemudian berbelanja secara langsung melalui hp masing-masing. Tim abdimas juga akan melakukan  pembuatan web belanja bagi konsumen yang lebih menyenangi berbelanja melalui web. Selain itu juga membuat saluran belanja online di marketplace yaitu Shopee, serta mengoptimalkan kanal online di Instagram, facebook serta fanpage. Penerapan strategi pemasaran online ini untuk mendukung pemasaran offline yang selama ini sudah dilakukan oleh UKM Danish Cake melalui jaringan agen dan reselernya yang sudah berkembang di Indonesia. Diharapkan dengan penerapan strategi marketing 4.0 ini, akan meningkatkan penjualan produk produk kue kering terutama Pas Pastry dan Choux Pastry sebagai andalan produk UKM Danish Cake.

(Indah Sulistiyowati, Ketua Abdimas Umsida)

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *