Pembelajaran dari rumah yang merupakan kebijakan sistem pembelajaran di masa pandemi memberikan tantangan tersendiri bagi pendidik dan peserta didik. Tak terkecuali pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dalam pelaksanaannya, pembelajaran dari rumah tidaklah semudah yang dibayangkan, Perubahan suasana hati anak (moody) membutuhkan kesabaran dari para orangtua yang saat ini berperan sebagai tutor. Kondisi lingkungan rumah beserta fasilitas yang digunakan untuk mendukung perangkat pembelajaran juga sangat berpengaruh dalam Teknik Belajar dari Rumah (BDR).  Kendala dari Teknik pembelajaran ini dirasakan oleh TK ABA 1 Sukodono, khususnya dalam pembelajaran Keislaman yang meliputi hafalan Surat-surat pendek, hadist dan doa harian. Selama Pandemi,

Menyikapi hal ini, TIM Abdimas Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang diketuai oleh Dr. Anita Puji Astutik, S.Ag., M.Pd.I., dengan didukung oleh dua anggotanya Dr. Rahmania Sri Untari M.Pd., dan Anis Farihah , S. Th.I, M.Th.I. menawarkan solusi untuk meningkatkan semangat belajar peserta didik dengan sebuah animasi Muroja’ah for Kids. Dengan dibantu oleh mahasiswa UMSIDA, pada tanggal 18 Desember 2020 Tim pengabdi mengadakan pelatihan pembuatan video animasi murojaah untuk anak yang menarik, efektif dan efisien.

Anita mengemukakan bahwa pengabdian ini sebagai upaya untuk mengoptimalisasikan ketuntasan pembelajaran di masa pandemi khususnya   pada aspek keislaman yang disuguhkan dalam bentuk produk animasi Murojaah for Kids.

Hasil dari pengabdian ini diharapkan memberikan kontribusi terhadap pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini dalam  peningkatan kualitas bacaan Surat Pendek, Hadist dan Doa peserta didik serta mengoptimalkan target murojaah sesuai silabus pada jenjang masing-masing meskipun pada masa pandemi.

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *