Dalam rangka  meningkatkan produktivitas UMKM SAMILER, tim pengabdian pada masyarakat (ABDIMAS) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) memberikan bantuan satu  set Multiple Cutter Crispy  kepada Kelompok UMKM Samiler “SINAR ABADI” di desa Bangkok Kecamatan Gurag Kabupaten Kediri  Kediri, Sabtu (9/4/2022).

Ketua Tim Abdimas Umsida Ali Akbar, ST., MT., menyatakan, merespon permohonan ketua kelompok ini untuk dibantu peralatan yang bisa menunjang produktivitas pembuatan kripik samiler. Dimana sebelumnya, proses pemotongan adonan samiler masih menggunakan pisau single, sehingga untuk memotong lembaran adonan membutuhkan 20 kali proses pemotongan. Namun setelah  dibantu Tim Abdimas dari UMSIDA yang beranggotakan Rohman Dijaya ST. MT., dan Dr. Rita Ambarwati M.MT. maka proses ini mampu dipangkas menjadi 80 persen.  .

“UMKM Samiler Sinar Abadi sudah memiliki mesin tradisional untuk pengelolahan produk samiler yang berbahan baku  ketelah pohon, namun pada salah satu proses pemotongan adonan masih menggunakan alat yang cukup tradisional yaitu pisau plendes bermata tunggal, melihat kondisi tersebut kami dari umsida ingin membantu kelompok ini dengan alat teknologi tepat guna yang cukup sederhana yaitu pisau plendes bermata banyak atau Multiple Cutter Crispy  ,” ungkap Ali Akbar.

Ibu Rosiah.,selaku ketua kelompok UMKM Samiler Bangkok Kediri menyampaikan rasa terima kasih kepada tim Abdimas Umsida atas bantuan satu  set Multiple Cutter Crispy    . “Semoga bisa bermanfaat dan bisa membantu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat menengah kebawah serta bisa menjadi amal jariyah bagi UMSIDA dan Team Abdimas, Aamiin..Aamiin…Aamiin,” ujar  Rosiah.

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *