Sebagai upaya menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan mengimplementasikan kurikulum Merdeka Belajar, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata – Terpadu (KKN-T) kelompok 16 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengenalkan beragam aneka sayuran kepada murid TK Aisyiyah Desa Katerungan, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (3/9).
Dalam kegiatan ini, tim KKN-T 16 mengenalkan kepada murid TK Aisyiyah Desa Katerungan berbagai macam sayuran, mulai dari bentuknya dan warna dari sayuran tersebut. Lalu siswa TK Aisyiyah Desa Katerungan juga dikenalkan manfaat dan kegunaan dari sayuran tersebut. Tidak hanya itu, tim KKN-T kelompok 16 memberikan media pembelajaran berupa worksheet mewarnai kepada siswa TK Aisyiyah Desa Katerungan, sehingga anak-anak TK Aisyiyah Desa Katerungan dapat menunjukkan kreativitas yang dimiliki setiap anak dari hasil pengenalan dengan mahasiswa KKN-T kelompok 16.
“Anak-anak TK Aisyiyah memang suka sekali mewarnai dengan memberikan media pembelajaran sebuah worksheet gambar sayuran yang harus diwarnai agar dapat mengeksplor banyak hal dari anak-anak,” tutur Kepala Sekolah TK Aisyiyah Desa Katerungan, ibu Danti.
Ibu Danti mengakui jika pengenalan tumbuhan sayuran ini berguna untuk anak-anak supaya mengetahui manfaat dan menumbuhkan kecintaan mereka terhadap sayuran. “Banyak anak-anak dari TK Aisyiyah di Desa Katerungan ini yang masih belum menyukai sayuran, dengan mengenalkan macam-macam sayuran ini, semoga dapat menumbuhkan keinginan anak-anak untuk lebih banyak makan sayuran,” ujar ibu Danti selaku Kepala Sekolah TK Aisyiyah Desa Katerungan.
Kegiatan ini dilakukan oleh 5 orang mahasiswa perwakilan tim KKN-T kelompok 16. Tim KKN-T kelompok 16 memberikan sebuah pembelajaran kepada siswa dengan berbagai gambar sayuran mulai jagung, labu, tomat dan sayuran lainnya. Sedangkan anak-anak bertugas untuk mewarnai gambar sayuran tersebut. Tim juga berharap agar siswa senang dengan macam-macam sayuran dan bersemangat dengan kegiatan yang dilaksanakan baik di luar maupun dalam kelas.
Penulis : Adelia Ikhsantinia Ashar
Editor : Shinta Amalia Ferdaus