LAUNCHING WEB SEBAGAI MEDIA MARKETING SAAT PANDEMI

Tepat pertengahan maret nanti setahun sudah Pandemi melanda ibu pertiwi. Geliat ekonomi masyarakat kecil semakin meredup. UMKM sebagai penopang ekonomi bangsa harus berhijrah dari konvensional menjadi serba digital agar tetap survive. Hal ini yang mendorong salah satu tim abdimas  Universitas Muhammadiyah Sidoarjo melalui Program Kemitraan Masyarakat Umsida (PKMI) terdampak Covid 19 melakukan pendampingan masyarakat di Dusun Gambir Anom Keboan Anom Gedangan.

Setelah melakukan pendampingan branding produk dan  pelatihan manajemen keuangan usaha. Tim yang di ketuai Nur Ravita Hanun bekerjasama dengan karang taruna EKSIS (educative, kreative, smart, innovative, spirit) FOREVER Dusun Gambir Anom Keboan Anom Gedangan Sidoarjo membuat website sebagai media publikasi kegiatan dan produk – produk UMKM warga agar dapat dipasarkan secara luas.  Hal ini dilakukan sebab produk-produk warga gambir anom belum memiliki brand dan penjualan masih dititipkan di warung sekitar desa. Terlebih saat masa PSBB lalu penjualan kian merosot sebab banyak warung-warung yang mereka titipi sepi pembeli bahkan ada yang sudah tutup.

“Tim kami ada 3 dosen saya, bu hadiah fitriyah, bapak arief senja fitrani. Langkah awal yang telah tim ambil adalah branding produk, pelatihan pencatatan akuntansi dan  launching website sebagai media marketingnya. Karang taruna yang akan mengelola web dan posting produk-produk umkm gambir anom. Acara launching website eksisforever.com diawali dengan senam bersama warga sekaligus mini bazar untuk pengenalan produk kartar dan ibu ibu dusun gambir anom yang telah mengikuti pelatihan dari awal desember. Melalui launching web ini produk umkm gambir anom bisa dipasarkan secara luas dan transaksi jual beli dapat dilakukan dengan less contact service  ” ujar Nur Ravita Hanun selaku ketua tim (19/1/21).

Ucapan terima kasih juga disampaikan Musnainiya peserta sekaligus Ibu Ketua RT mengaku sangat senang sekali, karena bisa mendapatkan ilmu yang baru. Karena selama ini pihaknya mengaku bahwa produknya belum memiliki label dan belum dipasarkan secara online. Dengan menggunakan website eksisforever.com hasil abdimas UMSIDA ini ternyata lebih mudah, masyarakat dapat mengenal produk-produk kami, ketika ada pesanan di bantu koordinir karang taruna dan alhamdulillah penjualan semakin meningkat.

“Jadi kami sangat senang, pelatihan yang telah kami ikuti tak hanya membranding produk, tetapi ada juga pelatihan bagaimana cara mengelola keuangannya dengan baik, serta bagaimana cara memasarkannya. Saya mewakili teman – teman UMKM Kartar Gambir Anom mengucapkan terima kasih kepada Umsida, khususnya yang menjadi Tim PKMC-19 di Dusun Gambir Anom Desa Keboan Anom  ini,” ungkap Musnainiya.

Leave a Reply