Mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Terpadu Kelompok 20 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo melaksanakan Program Kerja (Proker) pemberdayaan masyarakat kepada pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di desa Sambungrejo, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo, Minggu (18/06/2023).
Pak Songgoh (PRM Desa Sambungrejo) mengatakan, bahwa ada sejumlah UMKM yang berada dan sedang berkembang di desa Sambungrejo, diantaranya usaha kue kering. Program kerja kali ini dilakukan dengan cara mengunjungi lokasi usaha, mendata, mewawancarai dan memberikan wawasan kepada pelaku usaha mengenai digital marketing.
Ibu Fikriyah, selaku pemilik UMKM diberikan pelatihan terkait pemanfaatan media sosial sebagai peluang usaha dan sebagai media pemasaran untuk membranding produk mereka. Tidak hanya itu, Ibu Fikriyah juga dilatih untuk bagaimana memaksimalkan media sosial yang tersedia dan sedang berkembang saat ini dalam pengembangan bisnis.
Dalam pelaksaan Program Kerja pengembangan UMKM dimulai dengan pembuatan desain logo, logo sendiri sangat penting karena mampu mencerminkan sebuah identitas dari usaha itu sendiri agar lebih dikenal banyak orang. Dalam menarik konsumen, dilakukan juga pembuatan e-katalog yang berisikan deskripsi dan foto produk, e-katalog tersebut juga berfungsi untuk memudahkan konsumen mengetahui harga dan menu yang tersedia.
Mahasiswa KKN juga membantu untuk sertifikasi halal untuk produk-produk yang dijual oleh Ibu Fikriyah, yang sebelumnya juga dilakukan untuk mendaftarkan NIB dan NPWP pelaku usaha. Manfaat dari sertifikasi halal ini adalah meningkatkan kepercayaan konsumen, juga dapat meningkatkan daya saing bisnis. Dengan memiliki sertifikasi halal, produk UMKM yang dijual dapat lebih diterima di pasaran, terutama di kalangan konsumen Muslim untuk mendapatkan jaminan produk dengan kualitas terbaik.
Pendampingan pada UMKM yang dilakukan mendapatkan respon positif dari pelaku UMKM. Ibu Fikriyah merasa sangat terbantu dengan adanya mahasiswa KKN dari Universitas Muhammadiyah yang telah berbagi infromasi mengenai branding dan pemanfaatan digital marketing UMKM miliknya untuk meningkatkan penjualan produk. Dengan harapan setelah diadakannya kegiatan KKN ini bisa memotivasi para pelaku UMKM untuk dapat memanfaatkan digital marketing dalam meningkatkan minat konsumen di era digitalisasi sekarang ini.