Tingkatkan Mutu Pendidikan, Mahasiswa KKN Umsida Sosialisasikan Modul Sains

Drpm.umsida.ac.id – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata – Terpadu (KKN-T) kelompok 35 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) membuat sebuah modul interaktif yaitu modul eksperimen sains kepada  pihak TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Porong, Sabtu (3/9). Hal tersebut sebagai bentuk hasil salah satu program kerja dalam bidang pendidikan selama kegiatan KKN ini berlangsung.

Modul interaktif ini berisi materi, beberapa contoh eksperimen-eksperimen sains sederhana yang dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Porong, serta penilaian untuk mengukur tingkat pemahaman anak didik. Beberapa  contoh eksperimen sederhana ini akan membantu para guru untuk memperkenalkan peristiwa-peristiwa sains yang ada di lingkungan sekitar kepada anak didik TK. Dengan adanya modul ini, para guru  TK lebih bisa mengeksplorasi eksperimen sains sederhana yang disesuaikan dengan perkembangan anak didik TK.

“Modul eksperimen sains ini sangat bermanfaat untuk kami, modul ini dapat membantu kami untuk menerapkannya dalam pembelajaran terutama pada saat puncak tema,” ucap  Nikmah selaku Kepala Sekolah TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Porong.

Mahasiswa KKN-T 35 Umsida berharap agar setiap eksperimen yang diterapkan dalam pembelajaran, dapat diserahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah agar dapat dipilah kembali eksperimen mana dan kapan untuk diaplikasikan sesuai dengan perkembangan anak didik dan kondisinya.

Selain itu, tim KKN-T 35 juga berharap agar dengan adanya modul eksperimen ini dapat membantu guru membuat kegiatan belajar mengajar lebih kreatif dan bermakna, memberikan bekal ilmu pengetahuan sains kepada anak agar lebih mengenal alam dan segala isinya, serta mendorong anak untuk lebih kreatif dan penuh inisiatif.  Pemberian modul eksperimen ini diharapkan dapat bermanfaat dalam waktu jangka panjang untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Porong.

 

Penulis : Ovi Shinta Asri

Editor : Shinta Amalia Ferdaus

 

Leave a Reply