Rabu, 26/02/2020 BAPPEDA Kab. Sidoarjo menyelenggarakan rapat koodinasi penelitian dan pengembangan kabupaten sidoarjo tahun 2020, bertempat di kantor BAPPEDA Sidoarjo. Acara tersebut di buka oleh Dr. Herry, setelah itu dilanjut dengan pemaparan dari narasumber yang pertama yaitu direktur DRPM UMSIDA Dr. Sigit Hermawan,S.E,.M.Si sebagai narasumber penelitian dan pengembangan di kabupaten sidoarjo. Bpk Benny Erlangga asisten perekonomiandan pembangunan beserta seluruh peneliti dan pejabat peneliti di unit kerja kabupaten sidoarjo. Acara tersebut juga dihadiri oleh kepala Banglitbang Prov Bpk. Anom Suhendro,S.H,.M.H.

Pada sesi presentasi ke dua Dr. Sigit Hermawan,SE.M.Si menyampaikan resep jitu agar pembangunan di kabupaten sidoarjo dapat tercapai, resepnya adalah BAPPEDA dan para penelitinya harus mampu menjalankan program – program yang telah di canangkan oleh bupati dan wakil bupati sidoarjo. Misalnya 2 prioritas pembangunan daerah yakni pendidikan dan kesehatan, dan 3 unggulan daerah yakni industri, pembangunan, perdagangan UMKM serta 6 penunjang pembangunan daerah yakni infrastruktur, lingkugan hidup, kesejahteraan sosial, pemberdayaan masyarakat, pelayanan publik dan reformasi birokrasi. Ada juga program unggulan kabupaten sidoarjo yang harus di ukur keberhasilannya melalui riset dan pengembangan adapun ke 10 program tersebut yakni : 1. Pendidikan dasar 9 tahun gratis dan berkualitas 2. Percepatan pembangunan infrasturuktur 3. Pembangunan RSUD wilayah barat 4. Pembangunan eco industri 5. Penguatan kemandirian desa 6. Sidoarjo “smart city” 7. Pengelolaan lingkungan sehat dan terintegratif 8. Modernisasi pasar tradisional 9. peningkatan jumlah tenaga kesehatan 10. Beasiswa pelajar berprestasi dan pasca sarjana bagi pendidik.

Pada kesempatan tersebut Dr. Sigit Hermawan,S.E,.M.Si menyampaikan kontribusi UMSIDA dibidang riset dan pengembangan di kabupaten sidoarjo dan juga menyampaikan tentang data – data riset yang dilakukan oleh dosen UMSIDA di kabupaten sidoarjo. Beliau juga menyampaikan program KKN yang dilakukan oleh UMSIDA, dan tak lupa mengajak peneliti di BAPPEDA untuk bersinergi dalam riset dan pengembangan yang ada di sidoarjo.

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *