Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pencerahan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) gelar pelatihan inovasi pengelohan limbah kulit pisang di Desa Sukorejo, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, pada Senin (3/02).

Berawal dari observasi aktivitas masyarakat, tim KKN-P Desa Sukorejo mendapatkan informasi bahwa di Desa Sukorejo memiliki UMKM keripik kulit pisang. Melihat hal tersebut, Tim KKN-P mengembangkan ide untuk membuat produk baru yaitu kerupuk kulit pisang “Ngoedang”. Selain itu, Tim KKN-P memberikan tips taktik jitu mengembangkan UMKM.

Koordinator Desa Tim KKN-P, Ulum menuturkan, “Kegiatan ini bertujuan untuk merealisasikan program kerja kegiatan KKN-P Umsida sekaligus menambah wawasan warga untuk megembangkan umkm sekaligus mengolah bahan limbah yang berguna dan memiliki nilai ekonomis,” ujarnya.

Kegiatan ini diikuti oleh ibu-ibu PKK dan perangkat desa Sukorejo. Sekaligus warga menjadi tertarik dan terinspirasi untuk membuat kerupuk kulit pisang. Namun dari segi penampilan dari kerupuk kulit sendiri menjadi pertanyaan warga. Maemunah, salah satu warga Desa Sukorejo mengatakan “Apakah bisa warna dari kerupuk kulit pisang diganti dengan warna lain supaya lebih menarik,” ujarnya.

Ulum berharap, “Untuk langkah kedepannya Tim KKN-P akan memberikan solusi perihal produk yang menarik dan diharapkan warga dapat memanfaatkan dan merealisasikan sedikit edukasi dari Tim KKN-P umsida terlebih kerupuk kulit pisang sebagai solusi pemanfaatan limbah menjadi produk”.

Penulis : Nur Hananiya Pratiwi Khoirun Nisa/Siti Khosaini

Editor : Asita Salsabilla M

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *