Tim KKN-P Umsida, Pendampingan Bimbingan Belajar Mengaji Siswa di TPQ Hidayatullah Gempol

Mahasiswa KKN-P Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) Desa Gempol melakukan pendampingan dalam mengajar mengaji siswa Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Hidayatullah, Rabu (10/3). Hal ini dilakukan karena melihat kurangnya tenaga pengajar yang mengajar maka tim KKN-P 75 berinisiatif membantu menjadi pendamping pengajar di TPQ.

Selain itu, pendampingan mengajar mengaji juga memiliki tujuan untuk meningkatkan minat mengaji sejak usia dini, mengetahui bahwa pembelajaran mengaji sejak usia dini itu penting karena akan lebih mudah dipelajari bagi siswa maupun pengajarnya.

Pendampingan dalam mengajar mengaji dilakukan setiap hari senin-jumat di minggu ke-3 dan 4 selama kegiatan KKN-P berlangsung, dengan 2 sesi. Sesi 1 dilakukan pukul 15.00-16.00 yang dihadiri oleh siswa mengaji jilid 1-6, sedangkan sesi 2 dilakukan pukul 16.00-17.00 yang dihadiri oleh siswa mengaji Al-Quran. Pembagian 2 sesi mengajar sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan yakni mengurangi kerumunan siswa.

Syaiful selaku pengajar dan ketua TPQ Hidayatullah Desa Gempol menyambut baik kegiatan pendampingan yang dilakukan, karena merasa terbantu dalam proses belajar mengajar mengaji yang berlangsung. “  Saya sangat senang akan hadirnya tim KKN-P Desa Gempol dalam membantu mengajar mengaji di TPQ ini, terutama mengetahui bahwa jumlah tenaga pengajar di TPQ kurang memadai untuk mengajar 90 siswanya ” ujarnya.

  1. Rendy Firmansyah selaku Penanggung Jawab kegiatan pendampingan mengajar mengaji mengungkapkan bahwa proses mengajar mengaji ini merupakan hal yang positif bagi tenaga pengajar, peserta didik di TPQ Hidayatullah, maupun tim KKN-P Desa Gempol itu sendiri.

Tim KKN-P 75 Desa Gempol berharap, dengan kegiatan ini siswa lebih bersemangat dalam belajar mengaji, dan memunculkan rasa beriman kepada Allah SWT dengan mencintai Al-Quran, karena Al-Quran penting bagi kehidupan umat muslim.

 

Penulis: Widya Adiningtyas dan Vito Ardiansyah

Editor: Wiwit

 

 

Leave a Reply