Demi memberikan kelancaran dan kemudahan dalam proses pembukuan dan pemasarannya. Tim Abdimas (Pengabdian Masyarakat) Universitas Muhammadiyah (Umsida) Sidoarjo memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM, pembuat tas golf dan pengrajin kulit, sekaligus membuatkan Aplikasi Leathergoods.id.

Yakni, pendampingan leathergoods.id sebuah Aplikasi Akuntansi dan Pemasaran Berbasis Android untuk Kelompok UMKM Tas Golf dan Kerajinan Kulit Dusun Kedunganten, Desa Kalitengah, Kec Tanggulangin, Sidoarjo, pada (26/2/2022) sore.

Adapun pemateri dari Tim Abdimas Umsida adalah Duwi Rahayu, SE., MA tentang Pencatatan Akuntansi. Pemateri kedua Hamzah Setiawan, S.Kom., M. Kom bersama dua mahasiswa Aldo Reghan Ramadhan dan Duta Mahasiswa Informatika  tentang  leathergoods.id Aplikasi Akuntansi dan Pemasaran Berbasis Android. Sedangkan pemateri ketiga Alshaf Pebrianggara, SE., MM tentang pemasaran digital.

Duwi Rahayu menjelaskan kalau Tim Abdimas kami membuat aplikasi android untuk  dipakai oleh kelompok UMKM yang bergerak dalam bidang pembuatan tas golf dan kerajinan kulit. Karena mereka selama ini dalam melakukan pencatatannya masih manual, dan pemasarannya juga masih kurang luas.

“Dengan adanya pendampingan/pelatihan ini, kelompok UMKM dapat meningkatkan kemampuan di bidang pencatatan akuntansi, dan dapat meningkatkan pemasaran produknya melalui aplikasi yang telah kami buatkan,” jelas Duwi Rahayu, pada (2/3/2022) tadi pagi. Salah satu peserta pelatihan, Abdul Vakar mengaku sangat berterima kasih atas pendampingan yang diberikan oleh Tim Abdimas Umsida. “Alhamdulillah manfaat sekali, karena aplikasinya sangat mudah difahami dan mudah  digunakan. Karena leathergoods.id Aplikasi Akuntansi dan Pemasaran Berbasis Android,” jelanya.(aim)

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *