Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa Inklusi, Tim KKN-P 61 Terapkan Token Ekonomi

drpm.umsida.ac.id –  Tim Kuliah Kerja Nyata-Pencerahan (KKN-P) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) kelompok 61 mengadakan kegiatan pendampingan dan mengajar bagi anak-anak inklusi di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Gambiran 1, Jagil, Gambiran, Kecamatan Prigen, Pasuruan, Sabtu (26/2). Dalam kegiatan ini, KKN-P Umsida Kelompok 61 menerapkan konsep modifikasi perilaku dengan metode token ekonomi.

Token ekonomi merupakan modifikasi perilaku yang sering diterapkan didalam kelas dalam bentuk proses pengasuhan. Token ekonomi merupakan pemberian stimulus yang diberikan kepada anak untuk mendapatkan perilaku sesuai target yakni perilaku positif, “Kami melakukan pembelajaran sambil bermain. Dimana siswa yang bisa mengerjakan tugas dengan baik dan jawaban mendekati tepat hingga tepat akan mendapatkan reward berupa bintang kemudian dapat ditukarkan dengan benda yang disukainya,” ucap salah satu anggota KKN-P Umsida Kelompok 61, Friska Nur Anggraini.

Pelaksanaan pendampingan dan mengajar dilakukan setiap hari Sabtu pukul 08.00-09.40 WIB selama satu bulan. Kegiatan tersebut berjalan lancar dan mendapat apresiasi dari Kepala Sekolah SDN Gambiran 1, Endang Sri Sunaeni, S.Pd.SD.M.Pd mengungkapkan adanya program KKN ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, “Terimakasih banyak mahasiswa KKN Umsida. Kegiatan ini menjadi kegiatan positif, sehingga siswa bisa memiliki motivasi belajar yang tinggi,” pungkasnya.

Penulis : Friska Nur Anggraini
Editor : Asita Salsabilla Maharani

Leave a Reply