drpm.umsida.ac.id  –  Tim KKN-T (Kuliah Kerja Nyata Terpadu) kelompok 9 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengadakan kegiatan pembersihan dan penyemprotan lahan perkebunan milik Ranting Aisyiyah Desa Sidodadi, Sabtu (30/7). Kegiatan yang dilakukan bersama pengurus Ranting ‘Aisyiyah ini sebagai wujud pemberdayaan dan pengoptimalan SDA dan SDM di desa tersebut.

Lahan milik Ranting ‘Aisyiyah Desa Sidodadi sendiri adalah lahan perkebunan jeruk limau yang saat ini kondisinya memang kurang terurus. Melihat hal itu, tim KKN-T kelompok 9 tergerak untuk melakukan pemberdayaan kebun jeruk limau supaya kebun tersebut dapat kembali subur.

Sebelum melaksanakan program kegiatan, perwakilan tim KKN-T kelompok 9 mendatangi kediaman Deby, pengurus Ranting Aisyiyah Desa Sidodadi untuk mengurus perizinan. Tim KKN-T kelompok 9 menjelaskan terkait program yang akan dilaksanakan di lahan perkebunan milik Ranting Aisyiyah Desa Sidodadi.

Program KKN-T ini dilakukan selama kurang lebih 2 bulan, khususnya pada hari Sabtu dan Minggu. Aktivitas yang dilakukan berbeda setiap minggunya mulai dari membersihkan lahan, membuat perairan, menanam bibit jeruk, melakukan penyemprotan cairan pembasmi hama, melakukan perawatan dan pengecekan kebun jeruk, hingga membuat akun media sosial. Selama proses kegiatan berlangsung, program yang dijalankan tim KKN-T kelompok 9 dapat diterima secara baik oleh pihak Ranting Aisyiyah Desa Sidodadi. Saat ini sudah tertanam 10 pohon jeruk limau di lahan perkebunan. Pohon tersebut dibeli di Desa Tanggulangin oleh tim KKN-T kelompok 9.

Untuk penanaman pohon jeruk limau sendiri harus melalui beberapa tahap. Menurut penjelasan  Ali Imron selaku suami dari Deby, jarak penanaman bibit pohon jeruk limau adalah 1,5 m dengan cara menggali tanah sesuai dengan bibit pohon jeruk yang telah ditentukan, kemudian bibit tersebut diletakkan ke dalam lubang yang telah digali.

Setelah melakukan penanaman bibit pohon jeruk limau, dilanjutkan dengan merawat dan mengecek setiap kegiatan yang telah dilakukan. Seperti kegiatan pembersihan lahan dengan mengumpulkan sampah plastik serta memangkas gulma yang menghambat pertumbuhan pohon jeruk limau. Tidak lupa juga untuk melakukan penyemprotan cairan pembasmi hama yang menggangu proses pertumbuhan pohon jeruk limau.

Berbagai kegiatan berjalan dengan baik berkat bantuan dari berbagai pihak, untuk itu, tim KKN-T kelompok 9 mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak Ranting Aisyiyah Desa Sidodadi yakni telah berkontribusi dalam penyediaan lahan Kebun Jeruk,

“Kami ucapkan juga terima kasih kepada Ibu Ruci selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) karena telah membantu menyukseskan program dari kelompok 9 Kuliah Kerta Nyata Terpadu (KKN-T), Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Kegiatan ini merupakan sesuatu hal yang baru bagi kami, sehingga akan menjadi salah satu pengalaman terbaik yang akan selalu kami ingat,” tutur Ferryan Hari Setyawan selaku ketua tim KKN-T kelompok 9.

Penulis : Dian Ismi Fitriyah Anggraini
Editor : Shinta Amalia Ferdaus

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *